Menu Tutup

Kadin Indonesia dan PANDI Kerja Sama Dukung Domain .id untuk Identitas Digital Indonesia

– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sepakat menjalin kerja sama dalam mendukungdomain.idsebagai identitas digital Indonesia melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan di Balikpapan pada Rabu (16/8/2023). Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dan Ketua PANDI, John Sihar Simanjuntak dengan disaksikan oleh pejabat Kadin Indonesia dan pejabat PANDI . Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa Kadin Indonesia siap untuk mendukung domain .id agar wajib digunakan oleh seluruh anggota Kadin Indonesia.

“Saya mengajak seluruh anggota Kadin Indonesia untuk menggunakan domain .id sebagai identitas digitalnya dalam upaya mendorong kemajuan identitas digital Indonesia. Saya berharap kerja sama ini dapat diimplementasikan dengan baik agar memberikan manfaat bagi anggota Kadin Indonesia,” kata Arsjad. Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi Firlie Ganinduto menyampaikan, kerjasama antara Kadin Indonesia dan PANDI dalam mendukung domain .id sebagai identitas digital Indonesia merupakan langkah penting dalam mempercepat proses digitalisasi UMKM di Indonesia. Dengan menggunakan domain .id, UMKM akan memiliki akses yang lebih mudah, kredibel dan terjangkau ke pasar digital, khususnya melalui website. Menurutnya, domain .id bukan hanya sebuah alamat online, tetapi juga merupakan representasi nyata dari identitas Indonesia dalam dunia maya.

Rully Akui Bersama Wanita dan Bertemu Indah Sari Usai Diputus Dewi Perssik Penghasilan Gunawan Dwi Cahyo Seret Usai Cerai, Okie Agustina Bersikap Soal Gaji di Kalteng Putra Debat Cawapres Selesai, Cek 4 Hasil Survei Pilpres 2024 Terbaru, Ada Charta Politika, LSI, Indikator

Deretan Ucapan Ramadan 2024 untuk Sambut Bulan Penuh Berkah, Cocok Dibagikan ke Teman dan Keluarga Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Halaman 45 49: Uji Kompetensi Pilihan Ganda dan Esai Halaman all Balik ke Brownis, Ivan Gunawan Tegaskan Posisinya pada Ayu Ting Ting, Ruben Onsu dan Wendi Cagur

DPD PSI Pidie Bantu Korban Banjir di Gampong Mee Beureuleng, Grong Grong Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 88 89 Kurikulum Merdeka: Teks Negosiasi Halaman all "Melalui langkah ini, kami berharap UMKM dapat lebih mudah dikenali dan diakses oleh konsumen lokal maupun internasional, sehingga turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara lebih luas," kata dia.

Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak menjelaskan, kerja sama ini nantinya juga akan meliputi kerja sama lain seperti sosialisasi, pelatihan atau seminar dalam pemanfaatan Nama domain .id. “Selain penggunaan Nama domain .id sebagai identitas digital bagi para anggota Kadin Indonesia, kerja sama ini juga meliputi sosialisasi/pelatihan/seminar terkait cara pembuatan website/email menggunakan domain .id, pemanfaatan platforms.iddalam setiap kegiatan Kadin Indonesia dan pelibatan Kadin Indonesia sebagai salah satu pemangku kepentingan nama domain Indonesia,” jelas John. John juga menjelaskan bahwa penggunaan domain .id sebagai identitas digital Indonesia ini diharapkan mampu mendukung kedaulatan internet Indonesia. “Penandatanganan Nota Kesepahaman ini juga dilakukan di lingkungan IKN dan berdekatan dengan peringatan HUT ke 78 RI sebagai simbol komitmen penggunaan domain .id dalam mendukung Kedaulatan Internet Indonesia dan juga Kedaulatan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *